PENDAHULUAN

Setiap orang sebenarnya memiliki potensi dan kekuatan yang luar biasa dalam dirinya (unlimited power). Akan tetapi potensi dan kekuatan tersebut tidak dapat muncul sepenuhnya karena ada hambatan teknis (cara) dan hambatan mental (keberanian, keyakinan, motivasi dsb). Kegiatan Spiritual Building and Training (SBT) Kelas XII MAN 1 Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018 merupakan pendekatan aspek sosial dan emosional, yang diharapkan dapat menggiring siswa yang terkait di dalamnya untuk lebih mengetahui dan meningkatkan potensi dalam dirinya pada saat dibutuhkan nanti.

Manusia handal di era teknologi informasi ini adalah manusia-manusia yang memiliki kecerdasan sosial dan emosional. Mereka inilah yang menjadi sumber kreativitas kerja dan bukan ahli dalam sesuatu bidang, tanpa memberikan rahmat bagi seisi alam (rahmatan lil ‘alamin). Masa depan individu, keluarga, perusahaan, instansi, bahkan bangsa dan negara ditentukan oleh seberapa kuat kreativitas, inovasi, dan inspirasi dalam melahirkan karya-karya baru.

Dewasa ini berkembang pandangan stereotip dikotomi antara dunia dan akhirat, dikotomi antara unsur material dan unsur spiritual. Mereka yang memilih keberhasilan di alam akhirat cenderung berfikir bahwa kesuksesan dunia justru adalah sesuatu yang dinisbikan. Hasilnya, mereka unggul dalam kekhusukan, konsentrasi penuh dalam ibadah, dzikir dan kekuatan berkontemplasi, namun mereka kalah dalam percaturan ekonomi, ilmu pengetahuan sosial politik dan perdagangan dunia. Sebaliknya yang berpijak hanya alam kebendaan, materialisme, kekuatan berpikir tidak pernah diimbangi oleh kekuatan ibadah dan dzikir. Realitas kebendaan yang masih membelenggu ruhani, tidak memudahkan baginya untuk berpijak pada alam fitrahnya.

Untuk menunjang terciptanya ketiga aspek kecerdasan, yaitu Inteligent Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ) diperlukan pengkodisian dengan suatu kegiatan dengan dukungan sentuhan kepedulian sosial dan emosional dalam bentuk Kegiatan Spiritual Building and Training (SBT) Kelas XII MAN 1 Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan Kegiatan Spiritual Building and Training (SBT) Kelas XII MAN 1 Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018 diharapkan dapat dijadikan stimulan untuk mendukung terciptanya sivitas akademika MAN 1 Magelang khususnya alumni tahun pelajaran 2017/2018 menjadi unggul dan terpadu (Ulil Albab).

DASAR

  1. Undang-Undang Nomor  : 20  Tahun 2003  Tentang Sistem  Pendididkan Nasional;
  2. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
  4. Peraturan Menteri Agama RI Nomor 10 Tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, dan Fungsi Kementerian Agama RI;
  5. Kalender Pendidikan MAN 1 Magelang tahun pelajaran  2017/2018;
  6. Program Kerja MAN 1 Magelang tahun pelajaran 2017/2018 pos Spiritual Building and Training.

TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan Spiritual Building and Training (SBT) Kelas XII MAN 1 Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan dimaksudkan untuk membangun kecerdasan spiritual, sosial dan emosional siswa melalui kegiatan komunisi langsung dengan praktisi. Merangsang perpaduan kecerdasan otak kiri dan otak kanan (IQ), dengan menguatkan kecerdasan spiritual, membiasakan kecerdasan sosial serta menguatkan kepekaan emosional dalam aktivitas keseharian. Akhirnya dapat membentuk pribadi yang dapat mengenal jati dirinya dan harga dirinya, mengelola rohani dan membangun karakter yang mulia.

SASARAN KEGIATAN

Sasaran Kegiatan Spiritual Building and Training (SBT) Kelas XII MAN 1 Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018 adalah segenap siswa kelas 12 MAN 1 Magelang Kabupaten Magelang berjumlah 577 siswa.

WAKTU, TEMPAT DAN PELAKSANAAN KEGIATAN

Waktu pelaksanaan Kegiatan Spiritual Building and Training (SBT) Kelas XII MAN 1 Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018 adalah pada hari Jum’at dan Sabtu tanggal 23 dan 24 Maret 2018. Tempat Kegiatan Spiritual Building and Training (SBT) Kelas XII MAN 1 Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018 adalah di Masjid Daarunnajah MAN 1 Magelang Kabupaten Magelang.

Acara sesi pertama pada hari Jum’at, 23 Maret 2018 dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 11.00. berupa kegiatan penyiapan mental, spiritual, fisik, perasaan, pikiran dan kesemaptaan secara menyeluruh lahir dan batin.

Pemateri Spiritual Buliding and Training adalah Bapak Saiful Bahri, S.Pd., praktisi dan motivator tingkat Provinsi Jateng dan DIY.

Acara sesi kedua adalah do’a bersama dan mujahadah untuk mempersiapkan lahir batin kegiatan UAMBN, UN dan USBN. Sebagai pemandu acara adalah Syaiful Faizin dibantu oleh Tri Hartono, S.Ag. M.SI. Acara dimulai pada pukul 07.30 hingga 09.00. Kegiatan do’a bersama dan mujahadah merupakan acara rutin setiap hari Jum’at, MABIT, menjelang ulangan dan ujian serta akhir tahun. Prinsip kegiatan untuk menyatukan hati, pikiran, perasaan, mental spiritual serta fisik menghadapi ujian akhir kegiatan pembelajaran bagi kelas 12 MAN 1 Magelang.

Dilanjutkan pengarahan umum oleh Kepala MAN 1 Magelang Drs. H. Khoironi Hadi, M.Ed. Pengarahan teknis UAMBN, UN, USBN oleh Waka Kurikulum dan Keterampilan Drs. Syarif Agus Wijonarko serta bimbingan karir oleh Guru BK Kelas XII Sulistyono, S.Pd.

Votre adresse e-mail :. Votre message : Message en cas d’erreur au focus sur le champ. Ajouter aux favoris. canada casino online Pour le découvrir sur le site officiel et éviter les contrefaçons, vous pouvez cliquer sur le lien suivant.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *