Kepala MAN 1 Magelang Drs. H. Khoironi Hadi, M.Ed.

Kepala Tata Usaha Hj. Munifatul Fitriyah

Waka Sarana Prasarana Dra. Hj. Etty Rachmawati

Waka Kesiswaan Mundakir, S.Pd.

Waka Kurikulum dan Keterampilan Drs. Syarif Agus Wijonarko

Waka Humas dan Keislaman Syaiful Faizin

Kepala MAN 1 Magelang : Drs. H. Khoironi Hadi, M.Ed.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Keterampilan: Drs. Syarif Agus Wijanarko

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan : Mundakir, S.Pd.

Wakil Kepala Bidang Sarana Prasarana : Dra. Hj. Etty Rachmawati

Wakil Kepala Bidang Humas dan Keislaman : Syaiful Faizin

Kapala Urusan Tata Usaha : Hj. Munifatul Fitriyah

KONDISI GEOGRAFIS MAN 1 MAGELANG

 Secara Geografis MAN 1 Magelang terletak pada 110”12’30” –  110”12’52” Bujur Timur dan 7”26’28” –  7”30’9” Lintang Selatan. Posisi di Kota Magelang sangat strategis karena tepat berapa di tengah-tengah Pulau Jawa, dan berada di persimpangan jalur transportasi dan ekonomi antara SEMARANG – MAGELANG – YOGYAKARTA – PURWOREJO. Disamping itu pula berada dalam persimpangan jalur wisata lokal maupun regional antara YOGYAKARTA – BOROBUDUR – KOPENG – DIENG.

Letak strategis MAN 1 Magelang juga ditunjang dengan penetapan Kabupaten/ Kota Magelang sebagai Pusat Kegiatan Wilayah (PKW), yaitu KAWASAN PURWOMANGGUNG : Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung, Kota Magelang dan Kabupaten Magelang dalam Rencana Tata Ruang Nasional dan Rencana Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah.

Secara topografis Kabupaten/Kota Magelang berada dalam ketinggian 380 M di atas permukaan, dengan kemiringan berkisar antara 5” – 45”. Sehingga Kabupaten/Kota Magelang merupakan wilayah yang terbebas banjir dengan ditunjang keberadaan sungai Progo disisi barat dan sungai Elo disisi timur. Klimatologi Kabupaten/Kota Magelang dikategorikan sebagai daerah beriklim basah dengan curah hujan yang cukup tinggi sebesar kurang lebih 7, 10 mm/tahun.

Kampus Madrasah Aliyah Negeri 1 Magelang terletak di Jalan Sunan Bonang Nomor 17 Karet, Jurangombo, Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi sekitar MAN 1 Magelang di antara 5 (lima) Gunung yang sering diberi julukan Panca Arga, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro dan Tidar. Berada di sekitar Kawasan Lembah Tidar yang terkenal dengan Kampus Akademi Militer (Akmil). Jarak dari Semarang sebagai ibukota provinsi 80 KM, jarak dari Yogyakarta sebagai Kota Pelajar dan Kota Budaya hanya 50 KM. Kawasan MAN 1 Magelang merupakan kawasan strategis sebagai pengembangan pendidikan menengah. Didukung oleh Universitas Tidar yang berstatus Negeri sejak Tahun Akademik 2014/2015.

Situasi dan kondisi MAN 1 Magelang yang berdekatan dengan Kampus Akmil dan Universitas Tidar serta tidak terlalu jauh dari Semarang dan Yogyakarta merupakan kawasan yang sangat nyaman bagi proses pembelajaran. Kenyamanan didukung dengan suasana yang tidak terlalu hiruk pikuk, tenang dan aman. Di sekitar Kampus MAN 1 Magelang terdapat beberapa Lembaga Pendidikan Formal : MTs Negeri Magelang, SMK Negeri 1 Magelang, SMA Negeri 4 Magelang, SMK Ma’arif Magelang, SMK Satria Magelang semuanya berjarak kurang dari 1 (satu) KM.

Jangkauan transportasi dari segala penjuru utara, timur, selatan dan barat sangat mudah dijangkau menggunakan angkutan umum. Dari pusat kota, pertokoan, museum, Masjid Agung, tempat wisata sekitar 1 KM. Dari kompleks Candi Borobudur, Pemakaman Wali Gunung Pring, Syeh Subakir dan Para Wali yang lain sebagai wisata rohani mudah terjangkau dan tidak lebih dari 15 KM. Semua hal tersebut merupakan daya dukung kesejahteraan kehidupan aspek jasmani dan rohani guna melengkapi pengalaman belajar bagi peserta didik dalam mengarungi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam koridor Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.